18 Maret 2020 • Siaran Pers


Antisipasi COVID-19, Ini yang Dilakukan Semen Padang

 774 Kali dilihat


PADANG, 18/3/2020 - Merespons penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang dinyatakan WHO sebagai pandemi, berbagai hal dilakukan PT Semen Padang untuk mengantisipasi agar virus tersebut tidak menyebar di lingkungan keluarga besar Semen Padang Group, di antaranya melakukan seminar, pemberian vaksin, menetapkan aturan terkait aktivitas Karyawan/Karyawati Semen Padang Grup dalam upaya menjaga kesehatan baik di lingkungan kerja maupun di lingkungan tempat tinggal, membuat himbauan melalui spanduk, baliho, penghentian semua kegiatan yang sifatnya massal.

"Berbagai upaya telah dilakukan perusahaan menindaklanjuti kebijakan Kementerian BUMN dan SIG serta sebagai upaya Semen Padang mendukung Pemerintah untuk memutus rantai penyebaran covid-19," kata Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang, di Padang, 18 Maret 2020.

Anita menjelaskan, pada 5 Maret 2020, PT Padang telah menggelar seminar kesehatan tentang COVID-19 di Gedung Serba Guna Semen Padang. Kegiatan itu diikuti ratusan karyawan Semen Padang, karyawan Anak Perusahaan & Lembaga Penunjang, dan ibu-ibu dari jajaran Forum Komunikasi Istri Karyawan Semen Padang.

Pada kesempatan itu, dihadirkan dua narasumber, yakni dr. Gentina (Ka.Bid. P2P Dinas Kesehatan Kota Padang) dengan materi Informasi Terkini Tentang Penyakit Corona Virus, Perkembangan dan Pencegahannya dan Kol.CKM (purn) dr. Farhaan Abdullah, SP.THT-KL (Direktur Semen Padang Hospital) dengan materi Kesiapsiagaan Karyawan Menghadapi Virus Corona.

Selanjutnya, pada 16 - 18 Maret 2020 dilaksanakan pemberian vaksin influenza kepada jajaran karyawan/wati Semen Padang, sebagai upaya ingkatkan daya tahan tubuh di tengah wabah COVID -19.

Pemberian vaksin itu dipusatkan di Ruang Rapat Lantai 1 Kantor Pusat, Kantor Indarung V, Kantor Tambang, Kantor Pengantongan Teluk Bayur dan Semen Padang Hospital (SPH) bekerjasama dengan tenaga medis dari SPH.

Anita menambahkan, guna menggalakkan sosialisasi Pola Hidup Sehat di lingkungan karyawan/wati, PT Semen Padang telah melakukan kampanye melalui media digital, media luar ruang seperti panduk, baliho dan media lainnya. 

"Konten informasi yang kita sajikan terkait pengenalan, gejala, dan upaya pencegahan penyebaran COVID-19. "Kami menggalakkan di 'campaign' gerakan mencuci tangan, memakai masker bagi yang sakit, menutup mulut ketika batuk bersin," kata Anita.

Kemudian, untuk mencegah penularan virus melalui benda di sekitar karyawan, maka dilakukan disinfectant di area-area kerja dan fasilitas umum yang dikelola PT Semen Padang. Selain itu juga menyediakan handsanitizer di semua unit kerja.

PT Semen Padang telah melakukan penghentian/penundaan terhadap semua kegiatan yang sifatnya massal. Termasuk berbagai kegiatan dalam rangka menyemarakkan HUT Pendirian Pabrik Semen Padang ke-110 yang telah diskedulkan dari awal, seperti Liga Cakar yang mempertandingkan olahraga bulu tangkis, basket dan sepakbola. Kemudian, Upacara HUT ke-110, bedah buku 110 Tahun Semen Padang, penguatan brand Semen Padang kepada mahasiswa, dan Fun Walk.

Anita mengungkapkan, PT Semen Padang juga telah menindaklanjuti Surat Edaran Kementerian BUMN Nomor:SE-1/MBU/03/2020 perihal Kewaspadaan Terhadap Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), dan pengumuman Departemen SDM & Umum SIG terkait menjaga kesehatan baik di lingkungan kerja maupun di lingkungan tempat tinggal, dengan menetapkan  aturan terkait aktivitas Karyawan/Karyawati Semen Padang Grup, serta melakukan pengaturan pelaksanaan bekerja dari rumah Work From House (WFH) sejak 16 Maret 2020.

"Dengan upaya-upaya yang telah dilakukan perusahaan tersebut, kita berharap dan berdoa kepada Allah Swt, agar karyawan/wati Semen Padang terhindar dari COVID-19, Aamiin, " demikian Nur Anita Rahmawati. (*)


Nama Lengkap *

Alamat/Kota

Email *

Komentar *  

Berita Lainnya

02 Apr 2018 • Siaran Pers

Dirut SP: Selama 108 Tahun, SP Telah Berkontribusi pada Negara

Selengkapnya

19 Apr 2021 • Siaran Pers

PT Semen Padang Berharap Raih Akreditasi Kearsipan A+ Tahun Ini

Selengkapnya

17 Feb 2021 • Berita

Gelar Webinar Tentang Aturan Perundangan Kecelakaan Kerja, Semen Padang Hadirkan Direskrimum Polda Sumbar

Selengkapnya

26 Apr 2018 • Siaran Pers

Libatkan 6000 Partisipan, Semen Padang Gelar Simulasi Bencana

Selengkapnya