07 Juni 2024 • Berita


Dua Tim Inovasi SHE Semen Padang Raih Prestasi di Ajang ICC-OSH 2024

 426 Kali dilihat


PADANG (05/6/2024) - Dua tim Safety Health Environment (SHE) PT Semen Padang yang merupakan bagian dari SIG berhasil menyabet prestasi, Four Star dan Three Star di ajang Indonesian Conference & Competition Occupational Safety & Health (ICC-OSH) 2024 yang digelar di Semarang, 27-29 Mei 2024. Kedua tim itu adalah Increase yang meraih Four Star dan tim Bukan Spiderman berhasil menyabet Three Star. 

Direktur Utama PT Semen Padang, Indrieffouny Indra di Padang, Rabu (5/6/2024), mengaku bangga atas prestasi yang diraih dua tim SHE PT Semen Padang pada ajang bergengsi yang diikuti sebanyak 320 peserta dari perusahaan BUMN, BUMD maupun swasta itu.

"Alhamdulillah, kita bersyukur atas prestasi dua tim SHE pada tingkat nasional ini. Tentunya prestasi dapat meningkatkan citra perusahaan, namun yang lebih penting lagi adalah bagaimana menjadikan K3 sebagai budaya perusahaan," kata Direktur Utama PT Semen Padang Indrieffouny Indra.

Ia menjelaskan, keikutsertaan PT Semen Padang pada ajang ICC-OSH 2024 bertujuan untuk melihat sejauh mana pengetahuan dan penerapan K3 yang dilakukan selama ini oleh tim SHE PT Semen Padang.  "Ajang ini dapat menjadi sarana benchmarking bagi tim SHE PT Semen Padang untuk mengetahui posisi kita dalam penerapan K3, dan pada gilirannya akan meningkatkan pemahaman dan penerapan K3 di lingkungan perusahaan," ujar orang nomor satu di PT Semen Padang itu.

Dia berharap tim SHE PT Semen Padang dapat meningkatkan kinerja dalam mengimplementasikan norma K3, dan mampu mewujudkan nihil kecelakaan kerja (zero accident). 
"Dan, tentunya prestasi ini akan menjadi penyemangat bagi tim inovasi PT Semen Padang lainnya untuk menghasilkan karya inovasi yang berkualitas," kata Arif, begitu Indrieffouny biasa disapa.

Arif juga mengatakan bahwa prestasi yang diraih perusahaan pada ajang ICC-OSH 2024 membuktikan bahwa implementasi K3 di Semen Padang sudah mendapat pengakuan dari lembaga yang berkompeten. “Hal itu juga membuktikan kepada mitra dan pelanggan bahwa PT Semen Padang memproduksi semen dengan cara yang sudah baik dan benar, salah satunya menerapkan sistem manajemen K3”.

Kepala Unit SHE PT Semen Padang Asrining Sari menambahkan prestasi yang diraih pada ajang ICC-OSH 2024 juga dapat menjadi tolak ukur bagi pihaknya untuk bisa lebih baik lagi.  

Meski begitu, katanya, keberhasilan timnya prestasi di ajang tersebut bukanlah menjadi prioritas utama, tapi bagaimana bisa belajar untuk melakukan semua tahapan lomba dengan baik, benar dan selamat. "Menang itu adalah bonusnya," ujar Asrining.

Pada ajang ICC-OSH itu, tim Bukan Spiderman menampilkan inovasinya dengan judul "Menurunkan Tingkat Risiko Kecelakaan Kerja pada Aktifitas Pemasangan Terpal Truck Klinker dari Tingkat Risiko Sangat Tinggi Menjadi Rendah dengan Membuat Lifeline Platform yang Memanfaatkan Material Sisa". Tim ini terdiri dari Staf SHE, yaitu Jefri Antoni, Indra Mardeni Putra, Ilvi Waldevri, Afriwan dan Wahdini. 

Kemudian untuk tim Increase, menampilkan inovasinya dengan judul "Paradigma Baru Medical Check Up PT Semen Padang: Optimalisasi sistem manajemen untuk meningkatkan kesehatan karyawan dan efisiensi biaya melalui pelaksanaan MCU yang terkoordinasi, sistem informasi terintegrasi dan Fasilitas MCU onsite".

Tim ini beranggotakan Kiki Warlansyah dari Unit Operasional SDM, dr. Andy Riva Dana yang merupakan Dokter Perusahaan, dan tiga orang staf SHE yaitu, Neneng Oktafia, Fernanda Eka Putra, dan Fiona Indriani.

Dokter Andy Riva Dana mengatakan dalam menghadapi era 5.0 saat ini, digitalisasi pada semua aspek dan pemanfaatan big data yang terekam secara digital menjadi penting agar kita tidak ketinggalan. Dengan cara itu bisa memberikan manfaat yang besar khususnya pada pengelolaan kesehatan kerja.

Sebagai praktisi kesehatan kerja, dia yakin bahwa memanfaatkan kemajuan teknologi  adalah salah satu kunci dalam mengendalikan kesehatan karyawan dan memprediksi kejadian penyakit di masa depan. Apalagi data ILO menyatakan bahwa jumlah kematian pekerja yang disebabkan penyakit akibat kerja secara real sebenarnya lebih besar dari pada angka kematian yang disebabkan oleh kecelakaan akibat kerja.

Ajang inovasi ICC-OSH  merupakan ajang tahunan yang rutin digelar oleh Wahana Kendali Mutu dan Lembaga Pengembangan SDM (LPSDM) Yayasan Primakarya (Yaprika) yang didukung oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia dan Persatuan Wredatama Prima Karya. Untuk tahun ini, ajang tersebut mengangkat tema "Penerapan Budaya K3 Berbasis Digitalisasi dan Perubahan Iklim (Climate Change)". Ajang inovasi tentang K3 ini diikuti oleh 50 perusahaan BUMN/BUMD, swasta dan organisasi dengan 82 karya inovasi yang dikompetisikan.

Pada ajang ini, berbagai kegiatan seputar K3 juga digelar. Selain kompetisi inovasi, juga digelar diskusi panel, sharing best practice/great heroes dan Quiz Cepat Tepat Penerapan Norma K3L. Pada Quiz ini, perwakilan dari PT Semen Padang juga berhasil meraih Juara II.

Pada ajang ini, PT Semen Padang juga mengirim tiga orang wakilnya untuk mengikuti Quiz Cepat Tepat Norma K3, yaitu Fernanda Eka Putra, Neneng Oktavia dan lndra Mardeni Putra.


Nama Lengkap *

Alamat/Kota

Email *

Komentar *  

Berita Lainnya

28 Mar 2018 • Berita

Peringati HUT ke-108 Pendirian Pabrik, Semen Padang Bersama Masyarakat Ikuti Senam Pagi

Selengkapnya

02 Apr 2018 • Siaran Pers

Dirut SP: Selama 108 Tahun, SP Telah Berkontribusi pada Negara

Selengkapnya

12 Des 2022 • Berita

TRC Semen Padang Pusatkan Pencarian Korban Gempa Cianjur di Desa Cegenang yang Dilaporkan Hilang

Selengkapnya

17 Feb 2021 • Berita

Gelar Webinar Tentang Aturan Perundangan Kecelakaan Kerja, Semen Padang Hadirkan Direskrimum Polda Sumbar

Selengkapnya