21 Agustus 2024 • Berita


Kolaborasi dengan LPPM Unand, PT Semen Padang Gelar Pelatihan Desain Kemasan dan Digital Marketing bagi IKM Kuliner Minang Pendukung Pariwisata

 304 Kali dilihat


PADANG (20/8/2024) -- PT Semen Padang yang merupakan bagian dari SIG berkolaborasi dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Andalas (LPPM Unand) menggelar kegiatan Pelatihan Desain Kemasan dan Digital Marketing bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kuliner Minang Pendukung Pariwisata. Kegiatan yang berlangsung di Club House PT Semen Padang pada Selasa (20/8/2024) tersebut, diikuti lebih kurang 35 pelaku IKM yang berasal dari lingkungan perusahaan (Ring 1) PT Semen Padang.

Hadir dalam kesempatan itu Direktur Operasi PT Semen Padang Pri Gustari Akbar, Kepala Unit CSR PT Semen Padang Ilham Akbar, Ketua Tim Peneliti Unand Prof. Ir. Nilda Tri Putri, MT, Ph.D, IPU, ASEAN Eng beserta tim yakni Rini Rahmadian, SE, MSE dan Meuthia, SE, Msc. Kemudian narasumber Desain Kemasan Lazwardi Rosyad dan narasumber Digital Marketing Satrya.

Direktur Operasi PT Semen Padang Pri Gustari Akbar mengatakan, pihaknya atas nama manajemen PT Semen Padang berterima kasih kepada tim peneliti Unand yang telah menginisiasi bekerjasama untuk menyelenggarakan kegiatan pelatihan ini. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada para pelaku IKM dari Ring 1 Pabrik PT Semen Padang yang bersedia mengikuti kegiatan pelatihan ini.

Menurut Pri Gustari Akbar, sebagaimana diketahui kawasan Lubuk Kilangan khususnya Ring 1 Pabrik PT Semen Padang merupakan bagian dari wilayah di Kota Padang yang memiliki potensi yang besar untuk berkembang, khususnya dari IKM melalui kuliner Minang dan mendukung pariwisata halal.

Kendati demikian, lanjut Pri, masih banyak tantangan dari IKM tersebut sehingga perlu penambahan wawasan, dimana untuk meningkatkan inovasi dalam hal desain kemasan kemudian Digital Marketing yang diprediksi terus berkembang pesat.

"Kegiatan ini dirancang dengan tujuan bagaimana meningkatkan kualitas desain kemasan produk kuliner agar lebih menarik inovatif dan sesuai dengan standar nasional ataupun internasional," ujarnya.

Pri berharap, pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan pemasaran produk melalui Digital Marketing sehingga produk-produk dari IKM Lubuk Kilangan dapat lebih dikenal luas, sebab pengenalan melalui Digital Marketing ini sudah tanpa batas di jaman sekarang.

"Kami dari PT Semen Padang sangat memahami peran IKM dalam perekonomian lokal dan pengembangan pariwisata industri halal di Sumatera Barat, melalui program CSR yang selama ini dikenal, kami berkomitmen untuk mendukung pengembangan ekonomi masyarakat sekitar wilayah pabrik," kata dia.

Pri juga mengapresiasi yang setinggi-tinginya atas kolaborasi PT Semen Padang dengan Tim peneliti Unand. "Semoga pelatihan seperti ini bisa jadi model pelatihan di daerah lain. Terakhir saya mengharapkan para peserta setelah mengikuti pelatihan dapat mengaplikasikan dengan baik yang berujung pada peningkatan kesejahteraan," ujarnya.

Ketua Tim Peneliti Unand Prof. Ir. Nilda Tri Putri, MT, Ph.D, IPU, ASEAN Eng mengatakan, ia merasa terhormat dan berbahagia dapat berdiri di depan para pelaku IKM di Ring 1 Pabrik PT semen Padang dalam rangka kegiatan pelatihan ini.

Prof. Nilda menjelaskan, pelatihan ini merupakan upaya nyata untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing para pelaku IKM khususnya di bidang kuliner Minang karena pihaknya menyadari bahwa kemasan yang menarik itu dan strategi pemasaran yang efektif itu sangat penting dan tentunya akan mendukung pariwisata di Sumatra Barat, khususnya Kota Padang.

"Desain kemasan itu, kita ingin kemasan menarik sehingga membuat orang-orang lebih tertarik untuk membeli produk kita, begitu juga dengan Digital Marketing dengan menempatkan produk IKM di media sosial itu saat ini dapat menjangkau pasar di mana saja," ujarnya.

Prof. Nilda berharap dengan adanya pelatihan ini, pelaku IKM dapat memperluas jaringan pasar yang tidak hanya di lokal tetapi juga nasional bahkan mungkin ke internasional. "Semoga menjadi inspirasi dan motivasi untuk berkembang, saya mengajak semua peserta mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini dengan semangat dan antusiasme yang tinggi, sehingga memberi manfaat yang maksimal bagi kita semua dan mampu mendorong kemajuan IKM," katanya.

Prof. Nilda juga menyampaikan terima kasih kepada PT Semen Padang melalui CSR sudah memfasilitasi kegiatan ini sehingga dalam rangka memperkuat IKM yang berada di Ring 1 pabrik. "Ini merupakan bentuk kolaborasi dan sinergi yang baik antara perguruan tinggi, dalam hal ini Unand, PT Semen Padang, dan para pelaku IKM kuliner Minang di Ring 1 Pabrik PT Semen Padang," katanya.

Owner Kerupuk Azizah Yenni Fitria mengatakan, pihaknya selaku selaku pelaku MKM di Kota Padang khususnya di Lubuk Kilangan merasa senang dan bangga bisa mengikuti kegiatan pelatihan ini. Ia mengucapkan terima kasih kepada PT Semen Padang dan LPPM Unand yang telah memberikan kesempatan.

Materi pelatihan ini sangat luar biasa dan membuka wawasan kita para pelaku IKM bagaimana setiap produk yang dihasilkan itu, kemasannya bisa diperbaiki dan ditingkatkan sehingga betul-betul bisa mencapai memasuki pasar yang inginkan.

"Dalam pelatihan ini kami mendapatkan ilmu, kami berharap memang ada terobosan baru dalam hal kemasan maupun dalam Digital Marketing, bagaimana produk-produk IKM dari Lubuk Kilangan khusunya Kelurahan Batu Gadang bisa memasuki pasar nasional bahkan ke internasional," ujarnya.


Nama Lengkap *

Alamat/Kota

Email *

Komentar *  

Berita Lainnya

10 Nov 2020 • Berita

Semen Padang Minta Hasil Social Mapping Jadi Rujukan Forum Nagari Susun Program Kerja 2021

Selengkapnya

08 Okt 2018 • Berita

Semen Padang Sabet Penghargaaan TOP CSR 2018

Selengkapnya

28 Mar 2018 • Berita

Peringati HUT ke-108 Pendirian Pabrik, Semen Padang Bersama Masyarakat Ikuti Senam Pagi

Selengkapnya

22 Mar 2018 • Berita

Media Sosial Semen Padang Raih Silver Pada Ajang PRIA 2018

Selengkapnya