11 Agustus 2024 • Berita


PT Semen Padang Raih Penghargaan KLHK Atas Dukungan Program Kampung Iklim

 256 Kali dilihat


Padang, 9 Agustus 2024 – PT Semen Padang kembali mengukir prestasi gemilang di tingkat nasional dengan meraih penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia. Penghargaan ini diberikan atas partisipasi aktif PT Semen Padang dalam mendukung upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim melalui Program Kampung Iklim (ProKlim) di berbagai daerah di Sumatera Barat.

Direktur Utama PT Semen Padang, Indrieffouny Indra, menyatakan kebanggaannya atas pencapaian ini. "Alhamdulillah, penghargaan dari KLHK ini merupakan bukti nyata bahwa PT Semen Padang selalu berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap perubahan iklim dan juga menahan laju peningkatan emisi gas rumah kaca di Sumatera Barat," ujar Indrieffouny yang didampingi oleh Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan, Iskandar Z Lubis.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, kepada Indrieffouny Indra pada acara puncak Festival LIKE dengan tema "10 Tahun Kerja untuk Sustainabilitas" yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center Hall B, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Jumat (9/8/2024).

PT Semen Padang yang merupakan bagian dari SIG telah mengambil berbagai langkah konkret untuk mendukung peningkatan ketahanan masyarakat terhadap dampak perubahan iklim serta menahan laju peningkatan emisi gas rumah kaca. Dukungan ini melibatkan partisipasi aktif perusahaan dalam Program Kampung Iklim di sejumlah daerah di Sumatera Barat, yaitu Kota Padang, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Agam, Kabupaten Padang Pariaman, dan Kabupaten Solok.

Upaya PT Semen Padang dalam mendukung ProKlim dimulai dengan penandatanganan Kesepakatan Bersama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat pada tahun 2022. Kesepakatan ini menekankan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup, dan menjadi landasan bagi berbagai program yang telah dilaksanakan oleh perusahaan.

Pada tahun 2022, PT Semen Padang mendukung ProKlim di Nagari Limau Gadang Lumpo, Kecamatan IV Jurai, Pesisir Selatan, mendukung pembangunan dan pengembangan Kawasan Wetland untuk pemulihan Danau Maninjau di Agam, serta juga mendukung program Kampung Iklim dan Ecobrick di Nagari Andaleh, Kecamatan Batipuh, Tanah Datar.

Kemudian, di tahun 2023, PT Semen Padang kembali mendukung Kampung Iklim di KBA Tabek, Jorong Tabek Nagari Talang Baungo, Kabupaten Solok; Kelompok Tani Elok Basamo Saiyo, Jorong Jirek, Nagari Andaleh, Kecamatan Batipuh, Tanah Datar; dan KWT Kenanga, Nagari Guguak, Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, Padang Pariaman, dan di Kota Padang; Kelompok Budidaya ikan Lubuk Tampuruang Indah di Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji.

"Semua anggaran yang telah dikucurkan ini merupakan bagian dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Semen Padang. Rencananya di tahun 2024 ini, kami juga  mendukung pengembangan sejumlah kampung iklim di Sumatera Barat," pungkas Indrieffouny yang didampingi Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan, Iskandar Z Lubis.

Penghargaan ini menjadi bukti nyata bahwa komitmen PT Semen Padang dalam menjaga lingkungan dan mendukung ketahanan masyarakat terhadap perubahan iklim telah diakui di tingkat nasional. PT Semen Padang akan terus melanjutkan upaya-upaya inovatif dan kolaboratif dalam menjaga keberlanjutan lingkungan demi masa depan yang lebih baik bagi seluruh masyarakat.(*)


Nama Lengkap *

Alamat/Kota

Email *

Komentar *  

Berita Lainnya

10 Nov 2020 • Berita

Semen Padang Minta Hasil Social Mapping Jadi Rujukan Forum Nagari Susun Program Kerja 2021

Selengkapnya

08 Okt 2018 • Berita

Semen Padang Sabet Penghargaaan TOP CSR 2018

Selengkapnya

28 Mar 2018 • Berita

Peringati HUT ke-108 Pendirian Pabrik, Semen Padang Bersama Masyarakat Ikuti Senam Pagi

Selengkapnya

22 Mar 2018 • Berita

Media Sosial Semen Padang Raih Silver Pada Ajang PRIA 2018

Selengkapnya