30 Mei 2024 • Berita


Semen Padang Raih Penghargaan Tertinggi TOP CSR Awards 2024

 463 Kali dilihat


PT Semen Padang yang merupakan anak usaha dari SIG, meraih penghargaan TOP CSR Awards 2024 dengan predikat #Star 5 dan TOP Leader On CSR Commitment dari Majalah Top Business. Penghargaan tertinggi di bidang CSR itu diserahkan pada acara penganugerahan TOP CSR Awards 2024 yang digelar di Jakarta, Rabu (29/5/2025).

Penghargaan TOP CSR Awards 2024 itu diserahkan oleh Ketua Dewan Juri TOP CSR Awards Dr. Mas Achmad Daniri, MEc dan Ketua Panitia Penyelenggara, Lutfi Handayani, MM,MBA kepada para penerima penghargaan. Hadir pada kesempatan itu Menteri Lingkungan Hidup & Kehutanan RI diwakili Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Kementerian LHK, Sigit Reliantoro.

“Alhamdulillah, tahun ini Semen Padang kembali mendapatkan penghargaan TOP CSR Awards dengan predikat #Star 5 dan penghargaan TOP Leader On CSR Commitment. Pada tahun 2022 lalu, kita juga mendapatkan penghargaan yang sama dari Majalah Top Business,” kata Direktur Operasi PT Semen Padang, Pri Gustari Akbar di Jakarta, Rabu (29/5/2024).

Penghargaan TOP Leader On CSR Commitment itu, sebut Pri Gustari, diberikan kepada Direktur Utama PT Semen Padang Indrieffouny Indra. Penghargaan tersebut diberikan, atas capaian dari komitmen management tertinggi di PT Semen Padang dalam penentuan kebijakan-kebijakan serta tata kelola CSR yang baik dan terintegrasi.

“Semua kebijakan dan tata kelola itu, tentunya dalam semua aspek yang terkait dengan CSV (Create Shared Value), ESG (Environment Social Governance) untuk mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan ( SDG’s),” ujar Pri Gustari didampingi Kepala Unit CSR PT Semen Padang Dedi M Siddiq.

Kemudian untuk penghargaan TOP CSR Awards 2024 dengan predikat #Star 5, diraih melalui Unit CSR perusahaan dengan mengedepankan program-program unggulan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang efektif dan berdampak positif bagi stakeholder maupun PT Semen Padang Sendiri.

Program tersebut, berupa budidaya kaliandra merah sebagai sumber Energi Baru Terbarukan (EBT) yang dapat mensubsitusi bahan bakar batu bara, dan program konservasi ikan bilih. “Kemudian, juga ada program bersifat lingkungan seperti Nabuang Sarok Berbasis Aplikasi,” ujar Pri Gustari yang didampingi Kepala Unit CSR Dedi M Shidiq

Penghargaaan TOP CSR adalah apresiasi yang digagas oleh majalah Top Business dan didukung asosiasi wartawan CSR Indonesia yang mana penilaiannya berbasis ISO26000, ESG dan Strategi Bisnis sebagai tambahan. Penghargaan ini juga bekerjasama dengan beberapa konsultan CSR dan Asosiasi Bisnis.

Kategori penghargaan TOP CSR Awards 2024 diklasifikasikan dalam 5 tingkatan kelas Bintang (Stars) 1-5, dimana Bintang 5 adalah level penghargaan yang tertinggi, yang dinilai berdasarkan 4 kriteria. Kriteria pertama, Kelengkapan Sistem Kebijakan dan Tata Kelola CSR Perusahaan.

Kedua, keselerasan CSR untuk mendukung strategi bisnis perusahaan yang berkelanjutan di masa Kenormalan baru. Ketiga, tingkat Adopsi CSR terhadap ISO 26000 SR dan Creating Shared Velue (CSV). Dan, keempat adalah keterkaitan antara Inovasi Program CSR dengan Pertumbuhan Bisnis yang berkelanjutan. Kemudian untuk kategori khusus, dikaitkan dengan penilaian Inovasi Program CSR Unggulan.

Pada anugerah TOP CSR Awards ini, Majalah Business bekerjasama dengan lembaga terkemuka di Indonesia, juga memberikan penghargaan TOP Leader on CSR Commitment 2024 kepada Business Leader atau Presiden Direktur/Pimpinan Tertinggi di perusahaan yang dinilai memiliki komitmen tinggi dalam mendukung kelengkapan sistem, tata kelola, dan keberhasilan implementasi CSR di perusahaan.(*)


Nama Lengkap *

Alamat/Kota

Email *

Komentar *  

Berita Lainnya

28 Mar 2018 • Berita

Peringati HUT ke-108 Pendirian Pabrik, Semen Padang Bersama Masyarakat Ikuti Senam Pagi

Selengkapnya

02 Apr 2018 • Siaran Pers

Dirut SP: Selama 108 Tahun, SP Telah Berkontribusi pada Negara

Selengkapnya

12 Des 2022 • Berita

TRC Semen Padang Pusatkan Pencarian Korban Gempa Cianjur di Desa Cegenang yang Dilaporkan Hilang

Selengkapnya

17 Feb 2021 • Berita

Gelar Webinar Tentang Aturan Perundangan Kecelakaan Kerja, Semen Padang Hadirkan Direskrimum Polda Sumbar

Selengkapnya