18 Agustus 2024 • Berita


Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Direksi dan Komisaris PT Semen Padang Kompak Tampil dengan Pakaian Adat

 311 Kali dilihat


PADANG (17/8/2024) - Memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan RI, PT Semen Padang menggelar Upacara Bendera di Plaza Kantor Pusat PT Semen Padang, Sabtu (17/8/2024). Dengan tema "Nusantara Baru Indonesia Maju",  upacara itu dipimpin oleh Direktur Utama (Dirut) PT Semen Padang, Indrieffouny Indra sebagai pembina upacara.

Dihadiri seribuan karyawan Semen Padang Group, petugas upacara kali ini dari Serikat Pekerja Semen Padang (SPSP), juga hadir oleh Komisaris Utama PT Semen Padang Mohammad Agus Samsudin, Komisaris, Werry Darta Taifur, dan Komisaris, Khairul Jasmi. Kemudian, Direktur Keuangan & Umum Oktoweri, dan Direktur Operasi, Pri Gustari Akbar beserta istri Nilda Pri Gustari, serta pengurus dan anggota Forum Komunikasi Istri Karyawan Semen Padang (FKIKSP).

Menariknya, para direksi dan komisaris perusahaan semen pertama di Indonesia dan Asia Tenggara itu, tampak kompak tampil dengan mengenakan baju adat dari berbagai daerah, termasuk seluruh staf pimpinan di lingkungan PT Semen Padang.

Dirut PT Semen Padang Indrieffouny Indra dalam amanat Upacara Bendera HUT Kemerdekaan RI menyampaikan bahwa hari ini bangsa Indonesia hari ini mengenang saat-saat penuh makna yang melahirkan negeri ini. Dan, Pemerintah telah menetapkan tema peringatan HUT RI ke-79 tahun ini, yaitu "Nusantara Baru Indonesia Maju". 

Tema ini bukanlah sekadar untaian kata, melainkan cerminan dari transformasi besar yang sedang dijalani bangsa Indonesia. Karena, di tahun 2024 ini juga menjadi saksi perpindahan Ibu Kota Negara dan pergantian kepemimpinan bangsa, sebuah simbol bahwa Indonesia tengah bergerak maju menuju era baru yang penuh tantangan dan peluang.

"Kemerdekaan yang kita nikmati hari ini bukanlah sesuatu yang datang dengan mudah. Ini adalah buah dari perjuangan panjang, penuh pengorbanan, darah, dan air mata para pahlawan bangsa. Mereka telah mengorbankan segala-galanya untuk memastikan bahwa kita, anak cucu mereka, bisa hidup dalam sebuah negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur," katanya 

"Kini, tugas kita adalah untuk mengisi dan mempertahankan kemerdekaan ini, membawa negara kita menjadi bangsa yang maju dan dihormati di mata dunia. Ini adalah amanah besar yang hanya bisa kita jalani dengan kerja keras, inovasi, dan semangat kebangsaan yang tak pernah padam," imbuh Indrieffouny.

Sebagai bagian dari keluarga besar PT Semen Padang, dia pun mengingatkan bahwa semua insan perusahaan memiliki tanggung jawab besar untuk melanjutkan semangat juang para pendahulu. Karena, PT Semen Padang, sebagai salah satu pilar perekonomian bangsa, harus terus berkontribusi dalam pembangunan negara. 

"Kita harus bersatu padu, bekerja keras, dan berinovasi untuk memastikan perusahaan ini tetap menjadi sumber pendapatan negara yang berkelanjutan, memberikan manfaat bagi seluruh pemangku kepentingan. Karena di tengah tantangan global yang semakin kompleks, komitmen kita untuk mendukung pembangunan berkelanjutan menjadi sangat penting," ujarnya.

Salah satu langkah utama dalam mencapai tujuan ini, sebutnya, adalah dengan mendukung transisi energi menuju penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT). Apalagi, Pemerintah Indonesia telah menetapkan target bauran energi nasional dari EBT sebesar 23% pada tahun 2025, dan PT Semen Padang berdiri di garis depan untuk mendukung target tersebut.

Untuk mendukung pencapaian dari target EBT, PT Semen Padang telah meluncurkan berbagai inisiatif, mulai dari gerakan menanam kaliandra, sebuah tanaman penghasil biomassa yang memiliki potensi besar sebagai sumber energi ramah lingkungan, hingga program Refuse Derived Fuel (RDF), yang mengubah sampah menjadi bahan bakar alternatif. 

Tidak berhenti di situ, perusahaan juga telah mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya, sebagai langkah konkret menuju penggunaan energi yang lebih bersih dan berkelanjutan. Dan, komitmen terhadap EBT ini juga sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan yang dicanangkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (SDGs). 

"Perusahaan terus mengintegrasikan prinsip-prinsip EBT dalam setiap aspek operasional, mulai dari optimasi penggunaan energi di lini produksi hingga efisiensi dalam penggunaan alat-alat dan mesin pabrik. Ini semua dilakukan demi mengurangi jejak karbon dan meningkatkan efisiensi produksi. Karena, Green energy telah menjadi bagian integral dari strategi jangka panjang perusahaan," bebernya.

Untuk memastikan keberhasilan program ini, katanya melanjutkan, PT Semen Padang tidak bekerja sendiri. Berkolaborasi dengan pemerintah, komunitas, dan berbagai pemangku kepentingan lainnya, PT Semen Padang memastikan bahwa transisi energi ini berjalan dengan efektif dan memberikan manfaat bagi semua pihak.

"Maka dari itu, dalam semangat kebersamaan dan gotong royong, saya mengajak seluruh insan perusahaan untuk terus mendukung semua program perusahaan. Mari kita hadapi setiap rintangan dengan semangat juang yang tinggi, etos kerja yang kuat, dan penerapan nilai-nilai CORE VALUES AKHLAK, yaitu Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif dalam setiap tindakan kita," katanya.

 

SPORTALYMPIC dalam Implementasi AKHLAK

Terkait penerapan AKHLAK di lingkungan PT Semen Padang, Indrieffouny menyampaikan bahwa hal itu telah tampak pada ajang Sport & Art Olympic (SPORTALYMPIC) Tahun 2024 yang baru saja dilaksanakan oleh PT Semen Padang selama sebulan terakhir ini. Dan, kegiatan ini digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-79 Pengambilalihan Pabrik dari Belanda. 

Tentunya, berbagai rangkain yang digelar di SPORTALYMPIC ini, telah terlihat bagaimana nilai-nilai AKHLAK diterapkan dalam setiap langkah. Seperti nilai Amanah, itu tampak ketika para peserta dan panitia menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan integritas. Nilai Kompeten, terlihat dari upaya para peserta yang tanpa lelah melatih diri, menghadapi tantangan, dan terus belajar untuk menjadi lebih baik. 

Kemudian nilai Harmonis, terpancar dalam kebersamaan dan saling menghormati, meski beragam kontingen saling bersaing.  Nilai Loyalitas, dapat lihat dari semangat peserta yang berjuang membawa nama baik kontingen dan perusahaan. Nilai Adaptif, terlihat dalam kemampuan para peserta beradaptasi dengan berbagai perubahan dan tantangan yang muncul. 

Sedangkan nilai Kolaboratif, dapat dilihat dari kerja sama yang sinergis, di mana keberhasilan tim menjadi keberhasilan bersama. "Sekarang ini, meski SPORTALYMPIC telah berakhir, kami berharap nilai-nilai AKHLAK dan semangat kebersamaan yang selama ini tercermin dalam ajang SPORTALYMPIC, harus terus diimplementasikan oleh semua insan perusahaan," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Indrieffouny juga menyampaikan terkait pencapaian perusahaan. Kata dia, PT  Semen Padang yang merupakan bagian dari SIG telah berhasil meraih PROPER Emas tahun pada 2023, dan pencapaian itu adalah bukti nyata dari komitmen PT Semen Padang terhadap kelestarian lingkungan dan kepatuhan terhadap regulasi yang ada. Namun begitu, pencapaian ini bukanlah akhir dari perjalanan PT Semen Padang yang sudah berusia lebih dari satu abad. 

"Sebaliknya, ini adalah awal dari tanggung jawab yang lebih besar. Kita harus mampu mempertahankan standar tinggi yang telah kita capai dan berusaha melampaui ekspektasi. Kita harus menjadi teladan dalam pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan. Ini adalah komitmen yang harus kita pegang teguh sebagai bentuk tanggung jawab kita terhadap perusahaan dan generasi mendatang," kata dia.

Indrieffouny juga mengajak seluruh insan perusahaan untuk terus mendukung program perusahaan. "Mari kita hadapi setiap rintangan dan tantangan dengan semangat dan etos kerja yang tinggi. Jadikan momentum HUT RI ke-79 ini sebagai titik tolak untuk terus bergerak maju, menjaga semangat nasionalisme, dan berkontribusi bagi kemajuan perusahaan dan bangsa," ujarnya.

"Dengan semangat persatuan, kerja keras, dan inovasi, saya yakin PT Semen Padang akan terus menjadi pilar kebanggaan bagi daerah, bangsa, dan negara. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi setiap langkah-langkah kita. PT Semen Padang terus Jaya, dan Karyawan Sejahtera. Dirgahayu Republik Indonesia! Merdeka! Merdeka!" pungkas Indrieffouny.

Upacara HUT Kemerdekaan RI diakhiri dengan penutupan SPORTALYMPIC yang ditandai  penurunan Bendera SPORTALYMPIC, serta penyerahan hadiah kepada pemenang lomba foto dan konten video SPORTALYMPIC, serta penyerahan Juara Umum SPORTALYMPIC. 

Acara penutupan ajang olahraga dan seni itu, juga dimeriahkan oleh penampilan paduan suara dan marching band oleh siswa-siswi Semen Padang Schools. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan foto bersama dan lomba Khas 17 an yang digelar di Lapangan Cubadak PT Semen Padang. 

Lomba berupa tarik tambang, makan kerupuk, memasukan paku ke dalam botol, estafet bola pimpong, dan pacu karung itu, diikuti antusias oleh karyawan Semen Padang Group. Tidak hanya karyawan, semua Direksi PT Semen Padang dan staf pimpinan juga ikut serta memeriahkan lomba Khas 17 an tersebut. (*)


Nama Lengkap *

Alamat/Kota

Email *

Komentar *  

Berita Lainnya

10 Nov 2020 • Berita

Semen Padang Minta Hasil Social Mapping Jadi Rujukan Forum Nagari Susun Program Kerja 2021

Selengkapnya

08 Okt 2018 • Berita

Semen Padang Sabet Penghargaaan TOP CSR 2018

Selengkapnya

28 Mar 2018 • Berita

Peringati HUT ke-108 Pendirian Pabrik, Semen Padang Bersama Masyarakat Ikuti Senam Pagi

Selengkapnya

22 Mar 2018 • Berita

Media Sosial Semen Padang Raih Silver Pada Ajang PRIA 2018

Selengkapnya