04 September 2023 • Berita


Kejuaraan Pencak Silat Semen Padang Open 2023, Pesilat Tuan Rumah Raih Juara Umum I

 506 Kali dilihat


PADANG (30/7/2023) - Kejuaraan Pencak Silat Semen Padang Open 2023 yang digelar PT Semen Padang dalam rangka memperingati HUT ke-65 Pengambilalihan Pabrik dari Belanda, berakhir digelar. 

Pada kejuaraan pencak silat tersebut, pesilat tuan rumah dari Semen Padang A yang berasal dari Perguruan Pencak Silat (PPS) Sakato Semen Padang dan Kelatnas Perisai Diri, berhasil meraih juara umum I pada kejuaraan silat yang digelar mulai 27-30 Juli 2023 tetsebut. 

Juara umum I tersebut, diraih setelah perguruan silat binaan Forum Komunikasi Karyawan Semen Padang Group (FKKSPG) itu berhasil memperoleh 23 medali. Rinciannya, 8 medali emas, 4 medali perak dan 11 medali perunggu. 

Kemudian juara umum II, diraih PPS Surya Sakti dari Padang dengan perolehan 17 medali yang terdiri dari 5 medali emas, 8 perak dan 4 perunggu. Sedangkan juara umum III, diraih PPS Tangan Mas Lubuk Basuang dengan perolehan 4 emas dan 3 perunggu. 

Direktur Utama PT Semen Padang Asri Mukhtar Dt Tumangguang Basa mengucapkan selamat kepada perguruan silat yang berhasil meraih juara umum I, II dan III, termasuk kepada para atlet atau pesilat yang meraih medali emas, perak dan perunggu. 

"Selamat kepada atlet dan perguruan silat yang berhasil meraih juara. Semoga prestasi ini dapat terus ditingkatkan. Dan, kami juga mengapresiasi panitia yang telah sukses menggelar kejuaraan pencak silat ini," kata Asri Mukhtar. 

Ketua Panitia Kejuaraan Silat Semen Padang Open 2023 Dedi M Sidiq juga mengucapkan selamat kepada perguruan silat yang berhasil meraih medali terbanyak, termasuk kepada atlet pencak silat yang juara pada ajang kejuaraan pencak silat ini.

Dia mengatakan, pada Kejuaraan Pencak Silat Semen Padang Open ini, banyak makna yang didapatkan. "Tidak hanya menang dan kalah, tapi kejuaraan ini dapat meningkatkan mentalitas para atlet," kata pembina PS Sakato Semen Padang ini. 

Kejuaraan pencak silat ini, diikuti sekitar 500 atlet dari 50 perguruan silat di Sumatera Barat, Riau dan Jambi dengan usia 10-17 tahun yang terbagi dalam tiga kategori. yaitu Usia Dini, Pra Remaja dan kategori Remaja. 

Untuk total pertandingan pada kejuaraan pencak silat ini, kurang lebih 485 pertandingan mulai dari babak penyisihan hingga partai final. Kejuaraan ini pun digelar sebagai bentuk merawat pencak silat sebagai budaya bangsa Indonesia. 

"Selain itu, tujuan kejuaraan pencak silat ini juga sebagai bentuk pembinaan prestasi berkesinambungan, serta dalam rangka mempersiapkan bibit-bibit atlet di masa yang akan datang," ujar Dedi pada acara penutupan Kejuaraan Pencak Silat Semen Padang Open 2023. 

Pada kesempatan itu, pria yang akrab disapa Edies itu juga mengucapkan terima kasih kepada manajemen PT Semen Padang yang telah mensupport kejuaraan pencak silat ini, sehingga berlangsung sukses dan meriah dari awal sampai akhir kejuaraan. 

Dia berharap kepada semua atlet dan official dari semua perguruan silat yang ikut pada kejuaraan ini untuk dapat mendoakan dan mendukung kinerja PT Semen Padang, supaya kejuaraan pencak silat ini dapat terus digelar. "Minimal, bisa kita gelar 1 kali dalam 2 tahun," katanya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris IPSI Sumbar Zulhendri Ismed, yang hadir pada acara penutupan Kejuaraan Pencak Silat Semen Padang Open 2023 ini mengapresiasi PT Semen Padang yang telah menggelar kejuaraan pencak silat ini. 

"Terima kasih Semen Padang yang telah menggelar kejuaraan pencak silat ini. Kami pengurus IPSI Sumbar bersyukur dan bangga, karena kejuaraan ini berlangsung meriah dan diikuti pesilat tidak hanya dari Sumbar, tapi Riau dan Jambi," katanya. 

Kejuaraan silat ini, sebutnya, tentunya menjadi silahturahmi para atlet dan perguruan silat, termasuk pembinaan bibit atlet. Maka dari itu, hasil dari kejuaraan ini akan menjadi tugas IPSI Sumbar untuk melanjutkan pembinaan. 

"Selamat kepada pesilat yang meraih prestasi. Bagi yang belum, jangan berkecil hati. Perjuangan masih panjang. Untuk itu, jadikan lah kejuaraan ini sebagai motivasi, supaya pada kejuaraan-kejuaraan selanjutnya bisa meraih prestasi," ujarnya.

Pelatih Semen Padang A Guntur Arabi, mengaku bangga dan puas atas prestasi juara umum I yang berhasil diraih. Karena, juara umum ini diraih berkat kerja keras atlet yang telah mandi keringat berlatih untuk mempersiapkan diri menghadapi kejuaraan ini. 

"Prestasi juara umum I ini prestasi kami bersama PS Sakato Semen Padang dan Kelatnas Perisai Diri. Tentunya, keberhasilan ini akan semakin menjadi penyemangat buat kami untuk terus meningkatkan prestasi," kata Guntur. 

Guntur juga mengucapkan terima kasih kepada PT Semen Padang dan FKKSPG yang telah memberikan pembinaan kepada Perguruan PPS Sakato Semen Padang dan juga kepada Kelatnas Perisai Diri. 

"Kami berharap, Semen Padang dan FKKSPG jangan pernah bosan untuk membina kami. Kami berharap selaku dukungan dari Semen Padang dan FKKSPG," pungkas Guntur.(*)


Nama Lengkap *

Alamat/Kota

Email *

Komentar *  

Berita Lainnya

17 Feb 2021 • Berita

Gelar Webinar Tentang Aturan Perundangan Kecelakaan Kerja, Semen Padang Hadirkan Direskrimum Polda Sumbar

Selengkapnya

22 Mar 2018 • Berita

Media Sosial Semen Padang Raih Silver Pada Ajang PRIA 2018

Selengkapnya

28 Mar 2018 • Berita

Peringati HUT ke-108 Pendirian Pabrik, Semen Padang Bersama Masyarakat Ikuti Senam Pagi

Selengkapnya

08 Okt 2018 • Berita

Semen Padang Sabet Penghargaaan TOP CSR 2018

Selengkapnya