06 Aug 2024 • News


Dukung Pemberdayaan Masyarakat Lingkungan, PT Semen Padang Salurkan Dana Forum Nagari Rp3 Miliar

 400 Views


PADANG (2/8/2024) - PT Semen Padang yang merupakan bagian dari SIG terus berkomimen untuk mendukung berbagai program pemberdayaan yang dilakukan oleh 14 Forum Nagari yang tersebar di 14 kelurahan di tiga kecamatan di Kota Padang, yaitu Pauh, Lubuk Kilangan dan Lubuk Begalung. 

Komitmen dari perusahaan semen pertama di Indonesia dan Asia Tenggara itu, ditandai dengan penyerahan dana Forum Nagari sebesar Rp3 miliar lebih kepada belasan Forum Nagari yang ada di tiga kecamatan tersebut. 

Dana miliaran rupiah itu diserahkan secara simbolis oleh Direktur Keuangan & Umum PT Semen Padang Oktoweri, di sela-sela Launching Program Forum Nagari tahun 2024 yang digelar di Wisma Indarung PT Semen Padang, Jumat (1/8/2024). 

Penyerahan dana forum itu turut disaksikan Pj Walikota Padang Andree Harmadi Algamar, Kepala Bappeda Kota Padang Yuliza, Camat Lubuk Kilangan, Afrialdi Masbiran, Camat Pauh, Titin Masfetrin, dan Camat Lubuk Begalung, Andi Amir, serta seluruh lurah di 14 kelurahan. 

Kemudian, juga hadir Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Limau Manis H. Zulkifli Dt. Gamuyang. SH, Wakil Ketua KAN Lubuk Kilangan Asril Azis Rajo Bujang, dan semua pengurus Forum Nagari di 14 kelurahan yang merupakan bagian dari lingkungan perusahaan PT Semen Padang.

Oktoweri dalam sambutannya mengatakan bahwa penyaluran dana untuk Forum Nagari ini bukan hanya sekedar bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), tapi lebih kepada kepedulian PT Semen Padang terhadap masyarakat lingkungan.

"Untuk itu, kepada pengurus Forum Nagari di lingkungan perusahaan, kami berharap agar dapat memanfaatkan dana ini semaksimal mungkin untuk merealisasikan program-program yang telah disusun, sehingga program tersebut berjalan dengan baik sesuai dengan yang direncanakan," katanya. 

Forum Nagari ini, katanya melanjutkan, dideklarasikan pada tanggal 31 Januari 2015 yang lalu dan merupakan wadah berhimpunnya lembaga-lembaga sosial ekonomi masyarakat, KAN dan pemangku kepentingan lainnya, baik di tingkat kelurahan maupun ditingkat kecamatan. 

Forum Nagari ini dibentuk dan didirikan oleh PT Semen Padang, atas kesamaan visi dan misi serta menjamin keterlibatan semua lapisan masyarakat di lingkungan perusahaan di dalam proses pengambilan keputusan yang kondusif untuk pemberdayaan masyarakat.

"Jadi, Forum Nagari ini adalah mitra PT Semen Padang dalam menyalurkan program TJSL yang mengacu pada 4 Pilar, yaitu Pendidikan, Ekonomi, Lingkungan dan Hukum & Tata Kelola yang berorientasi pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Oktoweri berharap agar masyarakat dan pemerintah daerah terus memberikan dukungan kepada PT Semen Padang untuk dapat terus tumbuh dan berkembang, sehingga PT Semen Padang bisa berkontribusi lebih banyak lagi dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat.  

"Jadi, kami dari manajemen PT Semen Padang berharap kepada masyarakat dan pemerintah untuk terus memberikan dukungan dan doanya untuk kemajuan PT Semen Padang di tengah ketatnya persaingan industri semen saat ini," ujarnya.

Kepala Unit CSR PT Semen Padang Ilham Akbar menambahkan bahwa dana yang disalurkan kepada Forum Nagari ini meningkat dibadingkan tahun 2023 yang berjumlah sekitar Rp2,9 miliar, termasuk program yang disusun untuk tahun 2024 ini juga meningkat dari 123 menjadi 126 program.

"Kami berharap pengurus Forum Nagari dapat merealisasikan program yang telah disusun ini dengan baik sesuai dengan ekspektasi kami dan masyarakat. Apalagi, jumlah penerima manfaat dari 126 program ini mencapai 5.994 orang," kata Ilham. 

Dia pun juga mengapresiasi seluruh pengurus Forum Nagari yang telah sukses merealisasikan program 2023. Karena, hasil survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang telah dilakukan, diketahui nilainya meningkat. "Tahun 2022 nilainya 79,64, dan di 2023 naik menjadi 83,94," ujarnya.

"Untuk itu, kepada pemerintah daerah, kami berharap agar semua kegiatan program Forum Nagari ini dapat secara bersama-sama diawasi sehingga semua yang direncanakan dapat berhasil sesuai dengan rencana kerja yang telah ditetapkan," sambungnya.

Pj Walikota Padang Andree Harmadi Algamar mengapresiasi PT Semen Padang yang telah membentuk program Forum Nagari di tiga kecamatan di Kota Padang. Karena, Forum Nagari ini dapat meningkatkan pembangunan dalam aspek sosial, ekonomi dan juga lingkungan. 

"Kami apresiasi manajemen PT Semen Padang yang terus memberikan dukungan kepada Forum Nagari. Apalagi, dukungan tersebut secara terus menerus disalurkan sejak Forum Nagari ini didirikan oleh PT Semen Padang ada tahun 2015 lalu. Artinya, sudah 9 tahun berjalan PT Semen Padang terus berkomimen pelaksanaan program yang diusulkan Forum Nagari," katanya. 

Mantan Camat Lubuk Kilangan ini juga mengucapkan terima kasih kepada PT Semen Padang yang telah mendirikan 14 Forum Nagari yang tersebar di tiga kecamatan di Kota Padang. Karena, forum ini didirikan tidak hanya sebagai perpanjangan tangan PT Semen Padang dalam menjalankan program TJSL, tapi juga untuk mendayagunakan dan menumbuh kembangkan kegiatan pemberdayaan masyarakat. 

"Nah, dalam mendayagunakan dan menumbuh kembangkan kegiatan pemberdayaan masyarakat, ini juga dimulai dari perencanaan program, kegiatan program, hingga evaluasi program. Artinya, partisipasi dari bawah ke atas (bottom up), juga peran PT Semen Padang sebagai fasilitator dan menyediakan kebutuhan materil agar program tersebut berjalan dengan semestinya. Ini luar biasa sekali," ujarnya. 

Hal yang sama juga disampaikan Wakil Ketua KAN Lubuk Kilangan Asril Azis Rajo Bujang. Kata dia, sebagai ninik mamak di Nagari Lubuk Kilangan, dia mengaku bangga dan berterima kasih kepada manajemen PT Semen Padang yang terus berkomitmen dalam mendukungan Forum Nagari di Lubuk Kilangan menjalankan setiap program yang dibuat. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada manajemen PT Semen Padang atas komitmennya dalam mendukung Forum Nagari. Karena, program-program yang dibuat Forum Nagari ini sangat bermanfaat sekali oleh masyarakat, seperti program bantuan pendidikan, dan program lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat Lubuk Kilangan," katanya.

Pada kesempatan itu, dia pun juga mengajak masyarakat Lubuk Kilangan dan Kota Padang pada umumnya untuk terus mendukung kinerja PT Semen Padang. "Kalau kinerja PT Semen Padang meningkat, maka kontribusinya untuk masyarakat an daerah juga meningkat. Maka dari itu, mari terus kita dukung dan doakan PT Semen Padang ini maju dan berkembang," ujarnya. 

Ketua Forum Nagari Koto Lua, Indra Gunawan juga mengucapkan terima kasih kepada PT Semen Padang yang telah mendukung penuh semua program yang direncanakan dan telah disepakati di tahun 2024 ini. "Alhamdulillah, semua program yang kami buat dan kami sepakati di tahun ini, didukung penuh oleh PT Semen Padang. Terima kasih manajemen PT Semen Padang," katanya. 

Pada tahun 2024 ini, sebutnya, ada 6 program yang disusun oleh Forum Nagari Koto Lua. Dua di antaranya, adalah program sapi kurban yang bekerja sama dengan peternak sapi di Koto Lua, dan program stunting. "Program sapi kurban dan stunting ini merupakan program unggulan kami yang telah berjalan tiga tahun ini," ujarnya(*)


Full Name *

Address/City

Email *

Comment *  

More News

05 Aug 2020 • Press Conference

Walikota Padang: Semen Padang Telah Menunjukkan Komitmen Memajukan Perekonomian

Read More

02 Apr 2018 • Press Conference

Dirut SP: Selama 108 Tahun, SP Telah Berkontribusi pada Negara

Read More

17 Feb 2021 • News

Gelar Webinar Tentang Aturan Perundangan Kecelakaan Kerja, Semen Padang Hadirkan Direskrimum Polda Sumbar

Read More

08 Oct 2018 • News

Semen Padang Sabet Penghargaaan TOP CSR 2018

Read More