19 Feb 2018 • News


Tim Semen Padang Juara Pertama Lomba SHE Challenge Semen Indonesia Group

 1475 Views


GRESIK - Tim Safety Healt anda Environment (SHE) PT Semen Padang berhasil meraih juara pertama dalam lomba SHE Challenge Semen Indonesia Group di PT Semen Gresik pabrik Tuban, Kamis, 1 Maret 2018. Pada lomba itu, tim Semen Padang berhasil mengumpulkan poin tertinggi,  sebanyak 6710 poin. Juara kedua dan ketiga diraih  PT Semen Gresik pabrik Gresik dan PT Semen Gresik Pabrik Tuban.

 

Lomba ini dalam Rangka Kegiatan Bulan K3 PT Semen Gresik tahun 2018. Peserta yang ikut berasal dari holding di PT Semen Indonesia Grup, yakni  tim SHE PT Semen Padang, tim SHE PT Semen Tonasa, tim SHE PT Semen Gresik pabrik Rembang, tim SHE PT Semen Gresik pabrik Tuban, dan tim SHE PT Semen Gresik.

 

Anggota tim SHE PT Semen Padang, Indra Mardeni Putra saat dihubungi via telepon seluler mengaku bangga timnya bisa memenangkan lomba. 

Dalam lomba itu, ada empat step yang diperlombakan yakni Fall Protection, Small Fire, Smoke Chamber dan Big Fire. Pada step pertama, hal yang diperlombakan yakni Fall Protection. Pada tahap ini, tim naik ke gedung dengan menggunakan Alat Pengaman Diri (APD) yang benar, kemudian cara memakai Full Body Harness yang benar untuk mengurangi risiko cedera fatal akibat terjatuh dari ketinggian, melakukan pemasangan panel, dan bekerja di ketinggian. 

 

Step kedua yakni Small Fire, memadamkan api pada lima unit drum rendah, lima unit drum tinggi dan dua unit drum memanjang dengan menggunakan karung goni basah. Hal yang dinilai dari step ini yakni ketepatan dan kecepatan memadamakan api.

 

Step ketiga yang diperlombakan yakni Smoke Chamber, mengevakuasi korban di ruangan penuh asap. Membawa keluar, membantu pertolongan pertama dan dievakuasi ke ambulance. 

 

Hal yang dinilai dari step ini yakni ketepatan, kecepatan, koordinasi dengan anggota tim, dan efektivitas dalam evakuasi.

 

Step keempat yang diperlombakan yakni Big Fire; memadamkan kebakaran besar menggunakan hydrant dengan teknik start pation dan teknik cooling. 

"Teknik yang digunakan dalam perlombaan ini disepakati di awal lomba. Namun teknik mana yang dipakai diserahkan kepada tim," terang Indra.

 

Dalam perlombaan ini, tim SHE PT Semen Padang terdiri dari 6 orang, yakni Indra Mardeni Putra, Fernanda Eka Putra, Hentris Saputra, Anton Wijaya, Marsudi, dan Jamilus Y.A. dengan manajer tim Kepala Bidang Keselamatan Kerja, Dainuri. 

 

Untuk tim penilai dalam lomba ini berasal dari Semen Indonesia, Semen Gresik dan pihak ketiga 3 M. Dalam rangkaian lomba ini juga digelar penganugerahan safety award, launching aplikasi SHE, dan Leader Cafe Direktur SDM dan Hukum Semen Indonesia Agung Yunanto. (ft/kp)


Full Name *

Address/City

Email *

Comment *  

More News

02 Apr 2018 • Press Conference

Dirut SP: Selama 108 Tahun, SP Telah Berkontribusi pada Negara

Read More

17 Feb 2021 • News

Gelar Webinar Tentang Aturan Perundangan Kecelakaan Kerja, Semen Padang Hadirkan Direskrimum Polda Sumbar

Read More

08 Oct 2018 • News

Semen Padang Sabet Penghargaaan TOP CSR 2018

Read More

05 Aug 2020 • Press Conference

Walikota Padang: Semen Padang Telah Menunjukkan Komitmen Memajukan Perekonomian

Read More